Published On: 22/06/2013

63 Orang Keracunan Makanan Ultah

Keracunan makanan 63 Orang Keracunan Makanan Ultah

Keracunan makanan

BUTON, Beritakendari.com-Pesta ulang tahaun anak Wd Himawati, anggota DPRD Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, berakhir dengan kepanikan. Pasalnya, usai menyantap makanan ultah, sedikitnya 63 orang terpaksa dilarikan ke Puskesmas lombe Kecamatan Gu Kabupaten Buton kemarin. Anak-anak itu diduga mengalami keracunan makanan. Keracunan diduga karena makanan yang disantap itu terlalu lama disimpan dan kemungkinan sudah basi sehingga membuat para korban mengalami muntah-muntah dan pusing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton H Sumardin MKes yang dikonfirmasi sejumlah wartawan  membenarkan kejadian tersebut.  Namun pihaknya telah melakukan penanganan medis terhadap para korban. “Seluruh korban yang keracunan datang di Puskesmas Lombe Kamis malam sekitar pukul 19.20 Wita dan langsung dilakukan penanganan medis. Dan Alhamdulilah tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Total keseluruhan korban keracunan mencapai 63 orang. Namun hingga sampai dengan Jumat (21/6) pasien yang dirawat di Puskesmas Lombe tinggal menyisahkan dua pasien sedangkan yang lain sudah bisa dipulangkan dan mendapat perawatan jalan.

“Korban di dominasi anak anak-anak. Mereka terdiri dari usia sekitar 1 sampai 5 tahun sebanyak 18 orang, 6-12 tahun 28 orang, usia 13-24 tahun 6 orang dan usia 25-45 tahun sebanyak 4 orang dan sisanya diatas 45 tahun,” terangnya.

Keterangan sejumlah korban mulanya mengalami mual-mual hingga muntah setelah menyantap makanan yang dibawa pulang dari acara pesta ulang tahun anak Himawati. Namun makanan yang disiapakan sejaka pagi baru disajikan sore hari sehingga sebagain warga membawa pulang ke rumahnya.

Kegiatan tersebut sebenarnya dihadiri oleh Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun bersama dengan rombongan Ibu Gubernur Sultra Tina Nur Alam. Namun Bupati dan Ibu Gubernur telah meninggalkan lokasi kegiatan pada siang hari setelah menghadiri acara sunatan masal di Kecamatan Lakudo. (HS)

92 queries in 0.392 seconds.