Published On: 19/07/2013

Banjir di Konawe Selatan Renggut 2 Korban Jiwa, Ratusan Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Banjir Moramo Banjir di Konawe Selatan Renggut 2 Korban Jiwa, Ratusan Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Banjir di Keamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Kamis (18/7). Foto : Buhari

KENDARI, Beritakendari.com-Banjir bandang yang melanda Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, merengut dua korban jiwa. Ribuan rumah dan fasilitas publik terendam banjir dan ratusan warga terpaksa harus kehilangan tempat tinggal. Banjir yang terjadi sejak 16 sampai 17 Juli itu terjadi di 22 kecamatan dan 227 Kelurahan dan desa.

“Data sementara, ada 447 rumah warga hanyut dan 3.412 rumah warga yang terendam, 1.259 meter Jembatan yang rusak,  17 unit bangunan Sekolah, 7.733Ha, Sawah, 739   Ha perkebunan, 111  Ha, Hortikultura dan 964  Ha tambak,  semua terendam, selain itu, 122 Km Jalan Rusak, 377 Sapi ekor,  60 ekor Kambing semua mati,” ujar Bupati Konawe Selatan, Imran, di Kendari, Kamis (18/7).

Bencana banjir di daerah itu juga menyebabkan terganggunya akses transportasi darat yang menghubungkan Kabupaten Bombana, Buton, Buton Utara, Muna dan Kota Bau-Bau, yang melintasi diwilayah Kabupaten Konawe Selatan menuju Kota Kendari, ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada beberapa titik tertentu hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua, sehingga menyebabkan lumpuhnya roda perekonomian di wilayah tersebut

“Sejauh ini bantuan seadanya telah disalurkan kepada para koraban meninggal dan korban luka-luka, termasuk kepada para pengungsi,” terang Imran.

Akibat banjir ini, kerugian yang dialami warga dtaksir mencapai milyaran rupiah. (MS)

92 queries in 0.400 seconds.