Published On: 29/07/2013

Keppres Miras Dicabut, Perda Miras Mengambang

Miras Keppres Miras Dicabut, Perda Miras Mengambang

Miras

KENDARI, Beritakendari.com-Keputusan Mahkamah Agung (MA) membatalkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol atau biasa disebut Keppres Miras menyebabkan regulasi peredaran miras di Kota Kendari mengambang.

“Selama ini Perda-perda terkait minuman beralkohol itu mengacu pada Keppres tersebut dan tidak ada lagi undang-undang lain. Jadi ketika MA membatalkan Keppres tersebut, terjadi kekosongan regulasi untuk mengklarifikasi Perda yang ada,” ujar wakil ketua komisi II DPRD Kota Kendari,Yasin Idrus, Senin (29/7).

Artinya menurut Yasin, implikasi dari pencabutan Keppres ini dapat berakibat dua hal. Sebagian pihak bisa saja menyikapinya dengan menyatakan alkohol dapat dengan bebas diperjualbelikan di daerah tertentu karena tidak adanya aturan. Atau justru dilarang sama sekali jika daerah kemudian mengeluarkan Perda peredaran miras.
Namun ia melihat Pemkot Kendari tidak bisa melakukan pelarangan jika menggunakan Perda yang sebelumnya telah dicabut pemerintah. Karena konsekwensi putusan MA sebagaimana sifatnya tidak berlaku surut.

“Dari tahun 2008 lalu Perda terkait miras diterbitkan sudah dibatalkan tidak bisa otomatis berlaku kembali. Prinsipnya Pemkot Kendari patuh dan mengikuti putusan MA tersebut. Karena itu sekarang ini Pemkot bisa menyusun Perda baru, namun kita minta itu dilakukan dengan bijak dan proporsional. Supaya tidak mengganggu kehidupan sosial masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya Ketua Badan legislasi DPRD Kota Kendari, Muhammad Ali, mengatakan akan memasukan Raperda miras baru pengganti Perda nomor 7 tahun 2008, setelah pencabutan Keppres Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol. (JS)

94 queries in 0.409 seconds.